Minggu, 05 Juni 2016

Tips Memakai Softlens dengan Benar

Hasil gambar untuk tips memakai lensa softlens
Lensa kontak atau yang biasa disebut softlens warna-warni ini memang kini sedang populer di kalangan anak remaja . Pada awalnya lensa kontak sebenarnya berfungsi sebagai alat bantu penglihatan bagi orang yang memiliki kelainan pada mata saat mereka tidak ingin mengenakan kaca mata.
Namn seiring perkembangan jaman, kontak lensa atau softlens ini berubah menjadi fashion items yang bisa mempercantik penampilan. Mungkin kamu salah satu dari penggemar lovely little things yang satu ini karena bisa membuat mata kamu menjadi indah. Wajahmu yang memang sudah manis menjadi semakin cantik jika mengenakan lensa berwarna favoritmu.
Tidak hanya hasilnya yang membuatmu ingin mengenakannya terus. Namun juga trend make up yang lagi hits saat ini ya yang mengandalkan benda kecil satu ini. Namun tidak baik untuk yang sudah sering pakai maupun kamu yang berniat ingin membeli, jangan sembarangan dalam merawat lensa kontakmu. Agar lebih tepat memperlakukannya, ada baiknya kamu simak tips di bawah ini agar kesehatan matamu terjaga.

Berikut tips memakai softlens dengan baik dan benar:



Cara memasang lensa
Langkah pertama, cuci tanganmu dengan bersih, jangan sampai ada sabun yang tersisa di tanganmu. Kemudian keringkan tanganmu dengan handuk atau tisu. Keluarkan lensa kontakmu dari tempat penyimpanannya, perhatikan juga apakah lensamu terbalik atau tidak, caranya mudah jika kamu memakai lensa berwarna, karena akan terlihat warna luar akan lebih pucat dari yang di dalam.
Taruh lensa kontakmu pada posisi terbalik pada ujung jari telunjuk. Tempatkan jari tengahmu untuk menarik kelopak mata bagian bawah dan jari tengah tangan lainnya untuk menarik kelopak mata bagian atasmu. Usahakan matamu tidak berkedip, jangan terlalu fokus pada matamu, coba rileks saja. Setelah lensa kontakmu menempel pada mata, coba kedipkan mata pelan-pelan agar posisi lensa berada di tempat yang tepat. Ulangi proses pada mata satunya.

Perawatan pada lensa kotak
Setelah seharian beraktivitas, kini saatnya kamu untuk melepas lensa kontakmu dan menyimpannya di tempat khusus yang biasanya kamu dapat saat membeli lensa kontak. Hati-hati, saat melepasnya dari matamu. Salah-salah matamu justru jadi iritasi dan memerah karena prosesnya yang salah.
Sebelumnya, kamu harus memastikan tanganmu steril sebelum menyentuh matamu. Teteskan cairan lensa kontak pada matamu terlebih dahulu agar proses selanjutnya lebih mudah dilakukan. Selanjutnya tarik ke bawah kelopak mata bagian bawah dengan jari tengah, kemudian sentuh lensa kontakmu dengan telunjuk dan arahkan kearah bawah (bagian putih mata). Lalu kamu ambil dengan cara mencubit lensa kontakmu dengan jari telunjuk dan jempol.
Setelah kamu berhasil melepas softlensmu dari mata, jangan lupa kamu bersihkan dengan cairan pembersih. Karena setelah seharian di pakai, lensa kontakmu pasti menjadi kotor. Caranya dengan meletakkan lensa kontakmu pada telapak tangan lalu bubuhkan cairan pembersih lensa kontak. Lalu usap-usap permukaannya dengan lembut dalam gerakan searah dengan menggunakan telunjuk atau jari tengah kamu dan pastikan jangan sampai terkena kuku.

Jangan pernah menggunakannya saat tertidur
Meskipun hanya rebahan dan tidur siang selama 10-15 itu terlarang bagi kamu yang memakai softlens. Karena ini dapat membuat matamu menjadi merah, nyeri atau bahkan iritasi yang parah. Untuk itu jangan pernah lakukan hal ini. Lebih baik jika kamu ingin beristirahat siang lepas dahulu softlensmu  itu.
Untuk kamu yang memiliki kulit putih, kamu bisa memilih warna apapun yang kamu inginkan. Asalkan warnanya disesuaikan dengan warna make up yang kamu kenakan. Sedangkan untuk kulit sedang pilihan warna abu-abu atau honey dan hazel bisa menjadi akan terlihat cantik jika kamu kenakan. Bisa saja kamu memilih warna yang macam-macam namun pastikan warnanya masih dalam tone yang natural. Dan untuk kamu yang mempunyai kulit gelap pilihlah warna natural seperti coklat, abu-abu, atau warna gelap lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar