Rabu, 08 Juni 2016

Tips Berinvestasi yang Benar

Hasil gambar untuk tips investasi yang benar
Kata orang investasi itu hanya untuk orang yang uangnya sudah berlebihan dan tidak tahu akan dipakai untuk apa. Jika sekarang hidupmu masih pas-pasan, sudah cari uang dahulu yang banyak. Nanti kalau sudah kaya, mulai investasi sambil bersantai di rumah.
Padahal investasi adalah sesuatu yang bisa berguna di masa depan, bukan sesuatu yang baru kita lakukan di masa depan. Memang  tabungan akan menyelamatkanmu bila ada kebutuhan mendadak di masa depan karena tabungan juga bisa berbunga. Tapi Indonesia memiliki pertumbuhan inflasi yang cukup tinggi.
Jika kamu menabung di bank dengan suku bunga 3%, sementara inflasi mencari hingga 5%, ini artinya kamu rugi 2%. Karena hal ini orang-orang beralih pada investasi yang menawarkan keuntungan untuk mengatasi inflasi. Dari pada uangmu dibiarkan mengendap di bank atau habis tanpa kamu tahu ke mana hilangnya, lebih baik kamu putar agar dapat keuntungan. Agar tetap memiliki pegangan masa depan walau gaji masih pas-pasan, untuk itu kami memberikanmu panduan agar cerdas dan cermat memilih investasi seperti di bawah ini.

Berikut tips berinvestasi yang benar untuk uang tambahan di masa depan:



Usia muda belum banyak tanggungan
Seringnya kita merasa bahwa usia yang masih muda belum saatnya untuk investasi ini dan itu. Gaji saja belum seberapa, untuk makan sehari-hari dan senang-senang sedikit juga sudah tidak bersisa.
Pendapat seperti ini jelas-jelas salah, jika kamu sudah berkeluarga nanti, kebutuhanmu justru semakin banyak. memang  bisa jadi pendapatan lebih besar, namun pengeluaran juga sama besarnya. Jadi mumpung masih muda, belum ada tanggungan selain diri sendiri jangan ditunda lagi, inilah saatnya yang tepat untuk memulai.

Perhatikan tujuan investasimu
Tujuan dari investasimu harus jelas sejak awal dirintis. Biasanya investasi memang untuk jangka panjang. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk jangka pendek, seperti untuk persiapan nikahan 3-5 tahun ke depan untuk itu bentuk investasimu sangat penting diperhatikan. Bila tujuanmu adalah investasi jangka panjang, maka fokus ke arah masa depan. Jangan tergoda untuk berhenti di tengah jalan saat kondisi sedikit goyang yang membuat kamu harus berhenti disitu.

Pisahkan tabungan dan investasi
Meski mirip investasi berbeda dengan tabungan, uangmu yang disimpan di bank dalam bentuk tabungan itu tidak akan menghasilkan apa-apa, selain nominal yang kamu setor di awal mungkin hanya akan ditambah sedikit bunga. Sementara investasi bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi asal kamu sabar dengan segala naik turunnya trafik. Karena investasi biasanya jangka panjang, jangan menggunakan uang yang mungkin segera kamu butuhkan di dalam tabungan. Minimal satu tahun dari sekarang, uang yang kamu investasikan sebaiknya kamu anggap tidak pernah ada.

Mempelajari pasar
Ini yang harus kamu tanamkan dalam pikiran kamu dari sekarang. Berbeda dengan tabungan investasi memiliki dua kemungkinan. Dan risiko kegagalan itu pasti ada karena kita tidak pernah bisa memprediksi kondisi pasar. Untuk itu mempelajari kondisi pasar secara cermat akan sangat membantu kamu.
Ketika akan berinvestasi pada suatu perusahaan, teliti dahulu bagaimana kondisi perusahaan itu. Apakah prospek ke depannya bagus? Apakah memiliki banyak hutang? Tergesa-gesa meletakan dana investasi pada perusahaan yang tidak sehat maka resikonya juga semakin besar.
Itulah tips berinvestasi yang benar demi uang tambahan di masa depan. Mungkin bagi kamu ini pilihan yang cukup sulit, untuk itu kamu harus mulai mempelajarinya dari sekarang. Karena investasi tidak bisa semudah yang kamu bayangkan, membutuhkan proses yang cukup cermat dan teliti.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar