Kamis, 02 Juni 2016

Manfaat Soda dalam Kehidupan Sehari-hari

Hasil gambar untuk manfaat minuman soda
Siapa di antara kita yang tidak pernah minum soda atau cola? Rasanya yang begitu manis dan sedikit pahit serta memiliki buih-buih soda yang menggelitik tenggorokan mampu menciptakan sensasi tersendiri ketika meminumnya. Namun minuman cola bukanlah minuman sehat yang dapat dikonsumsi setiap saat.
Minuman ringan ini mengandung gula yang sangat tinggi, jika terlalu banyak dikonsumsi akan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Selain obesitas, diabetes dan penyakit jantung bisa saja kamu derita jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya dalam jangka pajang.
Namun kamu tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur membeli beberapa botol.  Selain diminum, soda atau cola juga bisa bermanfaat untuk hal-hal lain yang mungkin hal-hal tersebut tidak kamu sangka. Untuk itu kamu perlu menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

Berikut manfaat soda dalam kehidupan sehari-hari:



Membersihkan noda darah dan cat di pakaian
Tak ada salahnya jika kamu menuangkan sebotol kecil cola pada bagian yang kotor, kemudian mencampurnya dengan deterjen bersama pakaianmu. Zat karbon dan asam fosfor yang ada dalam minuman soda dapat mengangkat kotoran di pakaian. Jika masih belum bisa, coba saja tuangkan cola ke bagian pakaian yang kotor, diamkan selama beberapa menit, lalu sikat dengan lembut.

Membersihkan panci yang coklat
Jika kamu merasa kesusahan saat membersihkan dasar panci atau wajan yang cokelat, meski sudah disikat berkali-kali. Coba saja untuk menuangkan minuman cola ke dalamnya, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu nyalakan kompor dan rebus cola di dalam wajan atau panci hingga mendidih. Angkat kemudian sikat sampai bersih, namun hati-hati karena airnya panas.

Melelehkan es di freezer
Kulkas zaman sekarang memang sudah canggih, hingga bisa mencegah timbulnya bongkahan es dalam lemari beku. Namun jika kamu masih menggunakan lemari es jaman dulu yang sering menimbulkan es hingga menggumpal menjadi bongkahan es yang keras, kamu bisa saja menuangkan kola ke dalam lemari es tersebut. Diamkan sejenak dan lihat bunga es dalam freezer akan mencair.

Menghilangkan karat
Kamu yang hobi mengoleksi uang logam atau benda logam lainnya pasti tidak jarang bingung dengan karat yang menempel pada kepingan uang logammu. Untuk mengatasinya kamu dapat merendam kepingan uang kuno koleksimu kedalam cairan cola selama satu jam dan menyikatnya. Namun untuk benda logam lainnya kamu siram secara berkala hingga satu jam kemudian sikat.

Membuat daging empuk
Hitung-hitung kamu bisa untuk menghemat gas dan meminimalisir waktu memasak, merendam daging dengan cairan soda dapat membantu membuat daging menjadi empuk. Kamu bisa merendam daging selama semalam atau langsung memasaknya bersama cola yang digunakan untuk merendam tersebut.

Permen karet yang menempel
Permen karet yang menempel pada rambut memang sangat sulit untuk dihilangkan, meski sudah keramas berkali-kali permen karet tetap ada yang menempel. Namun kamu tidak perlu khawatir, jangan buru-buru memotong rambutnya. Siramkan saja sedikit cola ke rambut yang terdapat permen karetnya, diamkan selama beberapa menit lalu angkat. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan di alas sepatu yang menginjak permen karet.
Itulah manfaat soda dalam kehidupan sehari-hari yang harus kamu ketahui. meski masih banyak manfaat lain seperti bisa menyuburkan tanaman, bisa menghilangkan serangga, bisa membersihkan toilet dan lain sebagainya. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda karena sangat tidak baik untuk kesehatan, usahakan maksimal dua bulan sekali.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar