Rabu, 08 Juni 2016

Tips Kegiatan di Pagi Hari agar Perut Sehat

Hasil gambar untuk tips makanan sehat di pagi hari
Bagi banyak orang, buang air besar adalah ritual pagi yang haram untuk dilewatkan. Sayangnya rutinitas di pagi hari ini seringkali terganggu karena berbagai alasan dan kondisi yang membuat kamu terburu-buru untuk melakukan aktivitas.
Konsumsi nutrisi yang tidak seimbang, diet yang keliru, gaya hidup yang tidak sehat, hingga stres bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu kamu harus rutin melakukan beberapa hal berikut ini agar kesehatan perut dan ususmu terjaga dengan baik.
Padahal jika ritual pagi ini tidak terpenuhi, perutmu akan terasa tidak nyaman. Akibatnya aktivitasmu selama seharian juga bisa terganggu karena perut yang penuh. Yang pasti obat pencahar bukan solusi yang disarankan, selain efek melilit yang ditimbulkan, efek samping obat ini juga dapat membahayakan hati dan ginjalmu jika di konsumsi secara rutin.

Berikut tips di pagi hari agar kesehatan perut tetap terjaga:



Konsumsi serat dan air
Menurut riset dari The Institute of Medicine, pria membutuhkan asupan serat sebanyak 38 gram setiap harinya. Sedangkan wanita cukup 25 gram saja, namun kebutuhan akan serat ini seringkali tidak terpenuhi dan justru cenderung diabaikan.
Sederhana saja untuk kebutuhan serat dalam tubuh sebenarnya bisa terpenuhi jika kamu tidak malas mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu serat akan bekerja lebih baik dalam tubuh jika dikombinasikan dengan konsumsi air yang cukup. Jadi pastikan kamu tidak lupa untuk meneguk 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari.

Buah jeruk
Jika kamu tidak terlalu menyukai bayam, salah satu jenis buah yang wajib kamu konsumsi demi melancarkan pencernaan adalah buah jeruk. Menikmati buah jeruk secara langsung juga lebih disarankan dari pada membuatnya menjadi minuman jus. Karena buah jeruk asli memiliki kandungan serat 2 gram lebih banyak dari pada jus jeruk. Sebuah penelitian di tahun 2008 juga menjelaskan tentang naringenin yaitu senyawa-senyawa dalam buah jeruk yang mempunyai efek sebagai pencahar.

Yogurt
Buang air besar yang tidak lancar umumnya disebabkan karena cairan dalam tubuh mengering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi semakin lemah. Jika terus dibiarkan, berbagai penyakit salah satunya ambien bisa menjadi ancaman.
Itulah alasannya mengapa sangat disarankan untuk mengkonsumsi yogurt secara rutin. Karena yogurt mengandung probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup mampu menjaga keseimbangan pencernaan dalam tubuh, jadi sangat baik jika dikonsumsi setiap pagi.

Hindari diet yang salah
Diet ternyata juga bisa menjadi penyebab sembelit yang kamu alami, khususnya ketika kamu melakoni diet karbohidrat. Banyak mengkonsumsi serat dan protein memang baik, namun mengabaikan asupan karbohidrat justru akan berbahaya bagi pencernaanmu. Bagaimana juga sebaik-baik diet dan usaha menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi semua jenis nutrisi secara seimbang.

Konsumsi susu dan kopi dengan benar
Beberapa produk susu ternyata bisa membuatmu mengalami konstipasi atau sembelit. Susu yang memang tinggi kalsium akan memberatkan kerja pencernaan di area ginjal. Jika kamu gemar mengkonsumsi susu, cobalah untuk sesekali menggantinya dengan susu kedelai yang kandungan kalsiumnya tidak terlalu tinggi. Selain itu kopi juga memiliki efek pencahar bagi sebagai orang. Tidak jarang minum kopi dijadikan solusi untuk mengatasi masalah sembelit ini, namun jika berlebihan justru kamu bisa mengalami diare.
Untuk itu kamu harus memperhatiakn beberapa makanan dan pola hidup seperti diatas agar ritual buang air besar bisa lancar. Karena hampir semua jenis penyakit berasal dari usus dan pencernaan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar