Jumat, 03 Juni 2016

Tips Liburan Meski Puasa

Hasil gambar untuk traveling saat puasa
Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari, namun hasrat untuk jalan-jalan masih tidak bisa terbendung. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk kamu tidak bisa pergi ke mana saja.
Jika memang traveling sudah menjadi passion-mu, bukan berarti kamu harus berdiam diri saat bulan puasa dan menunggu beduk maghrib di rumah. Apakah jiwamu merasa terkucilkan dengan alasan lemas dan napas saat puasa. Tenang saja karena saya akan memberikanmu trik dan tips agar kamu tetap asyik untuk traveling meski sedang berpuasa.
Tidak perlu khawatir jika kamu ingin melakukan traveling meski di bulan Ramadhan. Karena kamu tetap bisa melakukannya dengan baik dan benar sekalian mengumpulkan pahala dengan beribadah. Karena beribadah di bulan puasa maka akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Berikut tips liburan dan puasa tetap berjalan dengan baik:



Informasi tempat tujuan
Buat daftar agenda sebelum kamu berangkat liburan. Jauh sebelum itu kamu harus tahu semua hal tentang destinasi tujuan yang akan kamu tuju. Tujuannya agar kamu tidak kuwalahan dan repot sendiri ketika sudah sampai di tempat tujuan. Apalagi ketika badan lemes karena sedang puasa.

Anggap sahur sebagai sarapan
Karena puasa isilah energimu untuk itu menyantap hidangan sahur jangan sembarangan. Jangan biarkan dirimu melemas saat berada dalam perjalanan. Namun jangan kebanyakan, karena bisa membuat ngantuk jika kamu kekenyangan. Jika kamu gampang lelah, cobalah untuk mengkonsumsi yang manis-manis seperti madu. Yang penting asupan gizi tercukupi, untuk sekedar berjalan-jalan dan ngabuburit.

Tempat traveling yang bisa kamu jangkau
Sebisa mungkin agar kamu tidak terlalu capek, coba untuk traveling ke tempat yang masih bisa terjangkau dengan mudah. Dalam arti kamu tidak membutuhkan banyak energi, seperti mendaki gunung.
Lebih disarankan, jika kamu mau traveling ke tempat yang bisa cepat menguras energi, coba untuk latihan yang rutin terlebih dahulu. Mendaki gunung memang bukan tidak mungkin dilakukan ketika puasa. Namun jelas mendaki gunung ketika puasa akan memakan banyak energi. Kamu butuh berlatih dalam ketahanan fisik, namun lebih baik lagi jika kamu berwisata ke tempat yang penuh kenangan atau sejarah, hutan atau tempat dengan pemandangan indah yang bisa dijangkau oleh kendaraan.

Efisien barang bawaan
Salah satu hal yang biasanya terlupakan tanpa kamu sadari itu akan merepotkan adalah packing. Packing yang asal-asalan justru membuatmu repot dan menguras energimu. Usahakan untuk packing barang yang sewajarnya saja dan tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak begitu diperlukan dalam perjalananmu. Jangan samapai menyusahkan diri sendiri saat berwisata.

Mengikuti buka bersama di masjid terdekat
Ikutlah buka bersama dengan warga sekitar di masjid terdekat. Di masjid biasanya akan ada acara buka bersama, takjil gratis dari masjid tentu  bisa membangkitkan semangat dan energimu. Belum lagi kamu bisa sekalian ibadah dan juga semoga bisa mendapat teman baru terlebih bisa mendapat jodoh, jika kamu beruntung.

Berwisata malam setelah tarawih
Setelah adzan maghrib berkumandang dan perut langsung diisi dengan santapan yang manis untuk penambah energi, istirahatlah sejenak sembari menunggu salat tarawih. Setelah selesai salat tarawih, lanjutkan perjalananmu dengan berwisata malam. Wisata kuliner dan wisata horor atau wisata yang mungkin tidak biasa di kotamu saat bulan ramadahan.
Itulah tips liburan dan puasa agar tetap berjalan dengan baik seperti yang kamu harapkan. Jangan berhenti untuk mencoba makanan saat berbuka di kota tersebut karena pasti akan ada keseruan yang bisa kamu temukan.






http://bhina.co.id/tempat-wisata-di-cilacap-terpopuler
http://bhina.co.id/bandara-tunggul-wulung-akan-menjadi-bandara-komersil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar